Minggu, 27 September 2015

SUKKOT: Natal Mesianik Historik

Sukkot merupakan hari raya ketujuh yang diperintahkan Tuhan untuk dirayakan oleh umatNya. Sukkot merupakan kulminasi dari semua perayaan lainnya yang memberi landasan bagi apa yang dikumandangkan dalam hari raya Sukkot, Datanglah KerajaanMu! Raja Mesias Memerintah di Bumi 1000 tahun lamanya! Berita Sukkot jelas merupakan komponen utama dalam pemashuran 'Injil Kerajaan'.

Namun Sukkot tidak hanya berbicara tentang 'kerajaan' tetapi juga tentang Raja yang akan memerintah. Bukan kebetulan jika Raja yang akan memerintah itu lahir pada hari raya Sukkot/Pondok Daun pada 2000 tahun yang lalu. Yohanan 1:14 berkata Firman itu menjadi manusia dan diam (Gr skenos) di antara kita. Dalam Septuaginta, kata Yunani skenos dipilih untuk menjadi padanan Sukkah! Dengan gaya penulisan remez (isyarat) seperti ini, penulis injil menyatakan Yeshua lahir pada hari raya Sukkot! Karena itu tidak berlebihan bila dikatakan bahwa Sukkot adalah Natal Historis umat Mesianik, yaitu pengikut Mesias Yeshua sejak abad pertama. Pada masa raya Sukkot ini, Tuhan menunjukkan  penyertaanNya yang luar biasa kepada seluruh umatNya dengan memberikan Yeshua, ImanuEl, Tuhan beserta kita.




Gembala Benyamin Obadyah


Sudah sangat lama rahasia kebenaran waktu kelahiran Yeshua 'terkubur' oleh keputusan Konstantinus, kaisar Romawi, yang pada tahun 336, satu tahun sebelum meninggal, ia mendaulat tanggal 25 Desember menjadi hari kelahiran Yesus Kristus. Ketetapan Konstantinus tersebut kemudian dianggap 'fakta' dan dijadikan 'tradisi' turun temurun selama 16 abad tanpa mengetahui bahwa telah terjadi 'rekayasa' penetapan tanggal Juru Selamat. Namun waktunya telah tiba, kebenaran dan fakta sejarah yang sesungguhnya harus muncul ke permukaan agar dikenal dan diikuti semua orang yang mencari serta mencintai kebenaran dan fakta sejarah.


Pemulihan landasan iman Akar Ibrani menyingkapkan fakta kelahiran Yeshua Hamashiakh yang tepat sesuai konteks Nubuat dan Perjanjian Tuhan. Sejak abad 20 yang lalu yaitu tahun 1999, penulis dan jemaat yang dipercayakan Tuhan untuk digembalakannya telah merayakan Sukkot dengan pengertian inilah hari kelahiran Mesias Yeshua. Oleh perkenan Tuhan, tahun ini kita merayakan Sukkot ke-16 kalinya dan setiap kali kita merayakannya, kita dibiasakan untuk mengingat Sukkot-Pondok Daun sebagai NATAL MESIANIK HISTORIS-YESHUA HAMASHIAKH, Firmas Elohim yang menjadi Manuasi dengan lahir di Betlehem sesuai dengan nubuat nabi Mikha lebih dari 700 tahun sebelum kelahiranNya (Mikha 5:2).

Oleh Gembala Benyamin Obadyah
(Dikutip dari buku acara Perayaan Sukkot 27 September 2015/15 Tishri 5776)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar